Mengetahui Kota Beijing

Beijing (juga dikenal sebagai Peking) adalah ibukota dan budaya jantung Republik Rakyat Cina. Ini adalah kota terbesar kedua di negara itu, setelah Shanghai. Sebuah kota telah ada di situs ini sejak zaman kuno. Telah dikenal dengan berbagai nama. Nama sekarang berarti “ibukota utara”.

Beijing modern memiliki status kotamadya, yang mencakup sebagian besar wilayah sekitarnya. Ini dikelola langsung oleh pemerintah nasional. Populasi kota yang tepat adalah sekitar 7 juta. Wilayah metropolitan memiliki sekitar 9,5 juta orang.

Lokasi dan Iklim

Beijing terletak di ujung timur laut Dataran Cina Utara. Inilah wilayah dimana peradaban Tionghoa dimulai. Kota ini terletak di antara sungai Pai dan Yung-ting. Itu terletak sekitar 100 mil (161 kilometer) pedalaman dari Bo Hai, sebuah teluk yang merupakan bagian dari Laut Kuning. Sekitar 35 mil (56 kilometer) ke utara adalah Tembok Besar, dibangun berabad-abad yang lalu untuk melindungi China dari penjajah nomaden. Sebagian besar bentang alamnya bergunung-gunung. Daerah dataran rendah di sebelah tenggara menyatu ke dataran.

Beijing memiliki iklim yang bervariasi. Automya menyenangkan, tapi musim panas bisa sangat panas. Di musim dingin, suhu rata-rata hanya 23 ° F (‘5 ° C) dan kota ini sering dilecut oleh angin dan badai pasir. Relatif sedikit salju turun, biasanya di awal musim semi. Curah hujan moderat dan terjadi terutama di musim panas.

Tata Letak Kota

Inti Beijing terdiri dari dua bagian lama. Mereka secara tradisional dikenal sebagai Kota Dalam dan Luar Kota. Kota Dalam sebenarnya terletak di utara. Ini berisi bekas Kota Kekaisaran. Inilah kursi pemerintahan selama masa kaisar. Di dalam Kota Kekaisaran berdiri Kota Terlarang, dengan istana dan tempat suci yang pernah digunakan oleh kaisar dan keluarga mereka. Entri dilarang untuk semua kecuali anggota rumah tangga kekaisaran. Bangunan tersebut sekarang menjadi bagian dari museum, terbuka untuk umum. Kawasan Legasi berada di sudut tenggara Kota Kekaisaran. Itu pada suatu waktu situs kedutaan asing dan tempat tinggal diplomatik lainnya.

Secara historis, Inner dan Outer Cities diperkuat oleh dinding batu besar. Tembok Kota Dalam ditembus oleh sembilan gerbang besar dan diliputi oleh menara penjaga yang tinggi. Sebagian besar tembok kota telah dirobohkan. Tapi beberapa bagian tetap menjadi monumen masa lalu. Dinding dan parit (parit pelindung, penuh air) dari Kota Terlarang telah dilestarikan.

Kota Luar, di selatan, berbentuk segi empat. Distrik yang penuh warna dan semarak, sebagian besar komersial dan hunian. Pintu masuk utamanya ke Kota Dalam adalah dengan jalan yang luas dan lurus yang melintasi Qianmen besar (Gerbang Depan). Jalan-jalan lebar lainnya melintasi dua bagian kota. Mereka bercabang ke jalur sempit tempat sebagian besar penduduknya tinggal. Hampir sepanjang hari, jalan-jalan dipenuhi oleh pengendara sepeda. Sepeda adalah bentuk transportasi yang paling umum.

Di luar kota tepatnya terletak pinggiran kota, distrik industri, dan lahan pertanian yang merupakan bagian dari kota Beijing. Secara keseluruhan, kotamadya mencakup area seluas sekitar 6.500 mil persegi (16.835 kilometer persegi).

Beberapa Tempat Menarik

Di dekat tepi selatan Kota Terlarang terdapat Lapangan Tiananmen (Gerbang Perdamaian Surgawi) yang luas. Ini adalah apa yang sekarang menjadi pusat kota Beijing. Hal ini sering digunakan untuk parade dan acara resmi lainnya. Aula Besar Rakyat berdiri di sisi barat alun-alun. Badan legislatif negara itu bertemu di sana. Di sisi timur adalah Museum Revolusi dan Museum Sejarah Cina.

Baca juga: kota terbesar di indonesia

Bangunan istana yang paling mengesankan dari Kota Terlarang adalah Hall of Great Harmony. Ini berfungsi sebagai ruang tahta kekaisaran. Ada dua tempat yang diminati di bagian selatan Outer City. Mereka adalah Kuil Surga, di mana para kaisar berdoa pada saat titik balik matahari musim panas untuk memastikan panen yang melimpah, dan Kuil Pertanian. Universitas Beijing, salah satu dari banyak institusi pendidikan, terletak di pinggiran barat laut. Demikian juga Istana Musim Panas kaisar Qing. Istana Musim Panas adalah situs wisata yang sangat populer, terkenal dengan istana, kebun, dan danau. Kebun Binatang Beijing terkenal dengan panda-panda, binatang asli China. Berbagai taman dan danau buatan menambah daya tarik kota.

Aktivitas ekonomi

Beijing bukan hanya pusat kehidupan politik dan budaya China tapi juga merupakan kawasan industri terpenting. Di antara produk manufaktur utamanya adalah besi dan baja, mesin, bahan kimia, tekstil, kendaraan bermotor, dan makanan olahan. Pencetakan dan penerbitan adalah industri besar lainnya. Beijing juga merupakan pusat jaringan komunikasi dan transportasi negara. Sistem transportasi kota itu sendiri mencakup sebuah kereta bawah tanah, yang diperluas pada tahun 1988.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *